TANGGAPI POSISI BELTIM PADA MTQH BABEL, KASI PAPKIS: “TIAP LPQ/MDT DAPAT TETAPKAN SPESIFIKASINYA”

H. Isral, S.HI. bersama penerima insentif guru LPQ/MDT tahun 2022. (Foto: Amir/papkisbeltim)

Manggar, papkis-kemenagbeltim.id, Kasi Papkis pada Kantor Kemenag Belitung Timur, H. Isral, S.HI. prihatin melihat posisi Kabupaten Belitung Timur pada gelaran MTQH Tingkat Provinsi Kep. Bangka Belitung beberapa hari lalu. Dari tujuh kabupaten/kota yang mengirimkan kafilah pada ajang dua tahunan tersebut, Kabupaten Belitung Timur menempati posisi keenam. Posisi keenam itu didapatkan karena ada dua kabupaten yang memperoleh nilai sama di posisi kelima.

Keprihatinan itu disampaikannya di sela-sela acara penyerahan buku tabungan kepada guru/ustaz LPQ/MDT penerima insentif tahun 2022 di Manggar (22/11/2022).

“Posisi kita tidak berubah dari tahun ke tahun. Selalu jadi juru kunci,” katanya sedih.

Menurutnya terdapat banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Di antaranya belum maksimalnya satuan pendidikan al- Quran membaca dan mengembangkan potensi yang ada.

“Tiap LPQ/MDT perlu membaca potensinya secara kritis. Segeralah pilih satu cabang yang diperlombakan pada ajang MTQH lalu jadikan itu sebagai spesifikasinya. TPQ A misalnya, spesifikasinya tilawah, maka di TPQ A tilawah menjadi pusat perhatian dan pelajaran unggulan. Begitu seterusnya,” katanya.

“Ini kan seperti rumah makan,” sambungnya, “Semua rumah makan menyediakan nasi dan lauk-pauk. Tetapi kekuatan sekaligus daya tarik rumah makan itu adalah spesifikasi lauknya. Ada RM Simpang Tiga: spesifik ikan bakar. Ada RM Simpang Dua: spesifik sop buntut.”

Ustazah Bunga, salah seorang penerima insentif, mengaku baru tahu dan kaget dengan capaian kafilah Belitung Timur tersebut. Namun ia mengaku tak bisa berbuat banyak.

“Tapi yang disampaikan Pak Kasi itu masuk akal dan patut kita coba,” katanya, “Dengan begitu, antar LPQ/MDT akan ada kompetisi. Masing-masing akan meningkatkan kualitas demi kemajuan daerah kita ini.”

Bersama Ustazah Bunga, terdapat tiga orang guru lainnya penerima insentif tahun 2022. Setelah acara penyerahan buku tabungan, mereka segera menuju bank untuk memastikan isi tabungan masing-masing. (irl/papkis)    

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Semoga bunga
Semoga bunga
9 days ago

Terima kasih banyak Pak Isral atas waktu dan sharing ilmunya. Semoga kedepannya LPQ/madin di Beltim semakin lebih baik seperti yang diharapkan dan dicita-citakan bersama. Amin