Hadiri Undangan Forum Paksi, Kasi Papkis Sosialisasikan Kepdirjen Pendis Nomor 91 Tahun 2020

Kasi Papkis bersama ustaz/ustazah TPQ se- Kecamatan Gantung. (Papkis)

 

Manggar- Kasi Papkis Kemenag Belitung Timur, H. Isral, S.HI., melakukan sosialisasi Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 di hadapan ustaz/ustazah TPQ se- Kecamatan Gantung. Kegiatan yang digelar hari Jumat (11/03/2022) ini merupakan inisiatif Forum Paksi (Pendidikan Al-Quran dan Keluarga Sakinah Indonesia) Kecamatan Gantung.

“Terima kasih atas undangannya,” kata H. Isral mengawali sosialisasi.

Dikatakannya bahwa Kepdirjen Pendis Nomor 91 Tahun 2020 adalah Juklak (petunjuk pelaksanaan) Penyelenggaraan Pendidikan Al- Quran. Juklak tersebut terdiri dari empat bab. Bab I Pendahuluan; Bab II Penyelenggaraan Pendidikan al- Quran; Bab III Pendaftaran dan Penutupan Lembaga Pendidikan al- Quran (LPQ) dan; Bab IV Penutup. Beberapa isi Juklak yang menarik perhatian para ustaz/ustazah adalah tentang istilah LPQ, jenis LPQ, syarat pendaftaran LPQ, dan masa berlaku tanda daftar. Idayanti misalnya, ustazah ini bertanya tentang singkatan TPQ -salah satu jenis LPQ.

“Kenapa singkatannya menjadi TPQ, padahal yang sudah masyhur adalah TPA, Taman Pendidikan al- Quran? Berarti kami harus mengganti papan nama?” tanyanya.

Tentang masa berlaku tanda daftar LPQ, para ustaz/ustazah kaget dengan masa berlakunya yang hanya lima tahun.

“Kami kira kayak KTP, berlaku seumur hidup,” kata mereka, “tapi rupanya seperti SIM.”

Sembari senyum H. Isral menjawab pertanyaan yang terakhir itu. “Iya di Kepdirjen disebutkan ‘…wajib melaksanakan pendaftaran baru saat masa izin operasionalnya habis’. Lebih dari 90 persen izin operasional LPQ di Belitung Timur sudah kedaluwarsa atau melebihi masa lima tahun,” katanya.

Di akhir pertemuan, para ustaz/ustazah TPQ se- Kecamatan Gantung tersebut bersepakat akan melakukan pendaftaran baru untuk memperpanjang izin operasional TPQ mereka.

“Kami akan ajukan secara kolektif,” kata Ustaz Nur Rohman yang merupakan ketua Forum Paksi Kecamatan Gantung. (Papkis/irl)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments